Tips Membuat Acian Expose untuk Dinding Rumah

 Proses acian merupakan proses finishing setelah Anda melakukan plesteran pada suatu bagunan. Selain itu, melakukan acian juga bisa menjadi cara yang efektif untuk dapat menutup pori-pori pada plesteran. Kemudian juga bisa digunakan untuk menghaluskan bagian permukaan agar plesteran terlihat lebih rapi. Anda juga bisa menggunakan tips membuat acian expose untuk dinding rumah yang ada di dalam artikel ini.

Tidak hanya itu, beberapa bagian dinding yang diaci ini bisa menjadi lebih halus dan siap untuk di cat. Dengan melakukan pengacian tentunya juga bisa membuat dinding rumah terlindungi dan tidak mudah mengalami adanya rembesan ketika hujan.

Tips Membuat Acian Expose untuk Dinding Rumah yang Mudah

Anda bisa membuat acian expose ini dengan menggunakan beberapa langkah yang ada di bawah ini, antara lain:

1. Melakukan Persiapan Proses Acian

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan persiapan proses acian. Dalam hal ini Anda juga harus mengetahui material apa yang cocok untuk Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan memilih material batu bata, semen dan juga air. Hal ini diperlukan untuk membangun sebuah dinding di rumah Anda.

Selain itu, jika Anda ingin memperoleh hasil acian yang bagus dan berkualitas maka bisa menunggu beberapa hari setelah melakukan proses plesteran. Usahakan untuk menunggunya sampai dinding benar-benar kering.

Kemudian jika memang sudah kering, Anda bisa membasahi plesteran tersebut dengan air. Tujuan melakukan hal ini yaitu agar plesteran tidak menyerap air dari hasil acian yang diaplikasi pada dinding tersebut.

Hal ini dikarenakan jika plesteran tersebut menyerap air berlebih tentunya bisa membuat acian menjadi tidak bisa menempel sempurna. Kemudian juga dapat menyebabkan terjadinya keretakan ketika acian tersebut sudah kering. Jika acian tersebut cepat kering juga bisa menjadikannya lunak dan mudah berdebu permukaannya.

2. Melakukan Cara Teknis Campuran Acian

Tips membuat acian expose untuk dinding rumah selanjutnya yaitu dengan melakukan cara teknis mengenai campuran acian. Dalam hal ini tentunya ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Mulai dari mencampurkan semua material acian yang dibutuhkan, mengaduknya hingga menjadi acian.

Adapun perbandingan adukan acian yang bisa Anda gunakan yaitu 3 : 1 antara material acian (semen) dengan air. Namun, Anda juga dapat mengubah komposisi tersebut sesuai dengan jenis proyek yang sedang Anda lakukan. Misalnya saja untuk dinding kamar mandi, maka Anda bisa mengurangi material yang digunakan. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan daya tahan lapisan dari plester. Tentunya agar tidak mudah mengalami adanya kebocoran.

Untuk caranya yaitu dengan menambahkan air pada semen tersebut. Biasanya jenis acian ini banyak digunakan dan sangat cocok untuk melakukan pembuatan dinding batu bata dan juga melakukan plester. Jangan lupa untuk memilih produk semen yang berkualitas agar dapat memberikan hasil memuaskan.

Anda bisa melakukan proses acian ini sendiri. Namun, jika merasa belum yakin dengan kemampuan melakukan diri sendiri bisa mencari seseorang yang sudah berpengalaman melakukan hal tersebut. Misalnya saja tukang bangunan yang sudah profesional melakukan proses acian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk hasil yang didapatkan. Tentunya akan bagus.

Nah, itulah beberapa tips membuat acian expose untuk dinding rumah yang bisa Anda lakukan. Memang terlihat mudah, akan tetapi jika Anda hendak melakukannya sendiri harus berhati-hati dan teliti agar proses acian bisa berhasil.

Dan jika ingin mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah jasa bangun rumah Semarang yang terkenal handal.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.