Berbagai Macam Bahan Railing Tangga Rumah yang Kuat dan Aman

 


Rumah bertingkat memang bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang mempunyai lahan terbatas. Jika Anda memilih rumah bertingkat tentunya memerlukan adanya tangga yang bisa menghubungkan lantai bawah dengan lantai atas. Pada tangga tersebut juga dibutuhkan adanya railing untuk sistem keamanannya. Macam bahan railing tangga rumah juga bermacam-macam.

Beberapa Macam Bahan Railing Tangga Rumah

Ada banyak macam bahan railing yang bisa digunakan pada tangga rumah. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada di bawah ini:

Kayu

Kayu merupakan salah satu material populer dan banyak digunakan sebagai material pada pembangunan rumah. Hal ini dikarenakan kayu termasuk material yang multifungsi, tentunya bisa Anda lihat dari kekuatan dan juga keindahannya. Maka tidak mengherankan jika banyak furniture hiasan interior rumah yang terbuat dari kayu.

Adapun beberapa jenis kayu yang terkenal dan banyak digunakan yaitu kayu sengon, kayu jati dan juga kayu randu. Dengan semakin meluasnya pemanfaatan kayu, saat ini banyak yang menggunakannya untuk bahan pembuatan railing tangga. Biasanya ada yang diberi tambahan cat dan ada juga yang dimunculkan motif aslinya sehingga bisa memberikan nuansa yang estetik.

Kaca

Macam bahan railing tangga yang bisa Anda pilih selanjutnya yaitu kaca. Pada umumnya memang material kaca ini mempunyai fungsi yaitu menjadi tempat masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Namun, setelah pembangunan semakin berkembang. Hal ini menjadikan kaca mempunyai manfaat dan kegunaan yang lebih lengkap.

Tentunya kekuatan kaca saat ini juga lebih besar dan tidak mudah pecah. Hal inilah yang menjadikan beberapa orang menggunakannya sebagai bahan railing tangga rumah. Dengan menggunakan railing dari kaca tentunya bisa menjadikan rumah Anda tampak lebih elegan dan juga mewah.

Selain kaca bisa digunakan untuk keindahan dan keamanan, ternyata juga bisa membuat rumah terkesan lebih luas. Apalagi jika Anda mengosongkan ruang yang ada di bawah tangga. Maka tidak mengherankan railing tangga rumah minimalis terbuat dari kaca.

Batu Alam

Batu alam juga merupakan salah satu macam bahan railing tangga yang banyak dipilih. Hal ini dikarenakan kekuatan dan keamanannya yang terbilang bagus. Selain itu, rumah Anda juga akan terlihat lebih indah dan mewah. Terlebih lagi jika Anda memadukannya dengan lantai dari material granit. Tentunya unsur keindahan pada rumah Anda akan benar-benar terlihat.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memoles batu alam tersebut sesuai keinginan. Hal ini tentunya bisa memberikan kesan halus dan juga elegan bahkan juga memunculkan motif aslinya. Motif-motif inilah yang bisa memberikan nuansa keindahan yang semakin jelas.

Tali

Tali ternyata tidak hanya mempunyai manfaat sebagai alat yang digunakan untuk mengikat. Pada saat ini tali juga bisa Anda pilih menjadi bahan railing tangga. Hal ini dikarenakan bahan ini memberikan kesan estetik yang menonjol.

Untuk menggunakannya sebagai railing tangga, Anda bisa membentuknya seperti anyaman atau yang lainnya. Salah satu jenis tali yang bisa digunakan adalah tali untuk melakukan panjat tebing. Selain itu, tentunya tali juga berfungsi sebagai keamanan. Misalnya saja ketika anak-anak terjadi benturan tentunya tidak akan menimbulkan luka.

Nah, itulah beberapa macam bahan railing tangga rumah yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilihnya berdasarkan dengan selera dan juga kebutuhan masing-masing. Misalnya saja Anda ingin mempunyai rumah dengan kesan mewah, maka bisa menggunakan batu alam. Jika ingin rumah terlihat luas bisa menggunakan kaca dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda menentukan bahan railing tangga rumah yang tepat, Anda bisa menggunakan pemborong bangunan Semarang.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.