Mengenal Jenis-Jenis Sandwich Panel

Sandwich panel atau disebut juga insulated panel adalah bahan bangunan yang memiliki struktur tiga lapis yang terdiri dari dua panel bahan keras seperti metal, PVC, magnesite dan panel fiber yang salah satunya dilapisi dengan insulasi.


Sandwich panel biasanya digunakan dalam berbagai konstruksi perumahan dan industri seperti dinding rakitan cepat atau struktur atap. Dalam konstruksi, panel struktural berinsulasi (Insulated Structural Panel) digunakan yang terdiri dari dua lembar berorientasi benang (OSB), di antaranya lapisan insulasi kaku (Styrofoam) atau busa poliuretan injeksi (PUR) di bawah tekanan ditempatkan di bawah tekanan.
 

Sejarah Lembaran Polyurethane (PUR) dan Polyisocyanurate (PIR).

Berdasarkan asosiasi EPIC (Engineering Panels in Construction), teknologi sandwich panel yang diisi dengan sandwich panel yang diisi busa polyisocyanurate (PIR) dan polyurethane (PUR) muncul pada tahun 1970-an. Panel jenis ini dipasang langsung di lokasi konstruksi hingga pertengahan 1980-an. Namun, pada awal 1990-an, sandwich panel pertama dengan pengisi busa poliuretan muncul sebagai produk akhir. Kemudian, di akhir tahun 90-an, panel ini sudah menempati 40% pasar sandwich panel.
 

Jenis dan aplikasi sandwich panel

Sandwich panel memiliki jenis yang berbeda dengan karakteristik kinerjanya masing-masing. Hanya panel yang dipilih secara kompeten yang dapat menjamin hasil yang sukses terkait daya tahan bangunan. Berikut 3 jenis sandwich panel yang dapat digunakan dalam konstruksi:

1. Atap sandwich panel


Panel langit-langit ini biasanya memiliki profil datar yang halus dengan ketebalan lembaran logam 0,6mm, lapisan tahan panas (50-70mm), dan lebar panel (ciri khas 120cm). Atap standar 12 meter yang terbuat dari panel ini memiliki kapasitas beban 70 kg. Di dalam sandwich panel panel atap terdapat fiberglass yang dapat menahan panas dengan sangat baik.

2. Sandwich Panel Dinding


Sandwich panel dinding membutuhkan kekakuan dan kekuatan konstruksi, sehingga lebih tebal dan lebih berat daripada atap. Panel dinding dilengkapi dengan tulang jaring kawat khusus yang dapat menahan angin hingga 190 km/jam. Ada busa poliuretan di lapisan dalam panel. Ketebalan insulasi sekitar 10cm, panjang panel dinding insulasi 12m dan beratnya sekitar 110kg. Panel dinding berinsulasi memiliki daya dukung yang baik dan cocok untuk digunakan dalam konstruksi perumahan.

3. sandwich panel yang disesuaikan


Sandwich panel jenis ini digunakan untuk konstruksi dengan struktur tertentu seperti gudang atau freezer. Ketebalan insulasi termal di dalamnya sekitar 40mm hingga 25cm. Panel tipis khusus biasanya diperlukan untuk konstruksi struktur ringan (relung), sedangkan panel yang lebih tebal digunakan untuk membuat ruangan dingin. Panel ini tersedia dalam berbagai tekstur, ukuran, dan banyak lagi.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.