TIPS MEMILIH ASURANSI KESEHATAN SELAIN BPJS

Asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya, akan sangat terjangkau jika ditanggung oleh asuransi kesehatan.


BPJS atau asuransi swasta? Pertanyaan ini pasti sering muncul, terutama bagi Anda yang mempertimbangkan asuransi kesehatan selain BPJS. Dari segi keuangan, khususnya masalah pembayaran anuitas, BPJS ini lebih stabil atau stabil tiap bulannya dan lebih mahal tergantung kategori yang dipilih.

Namun BPJS Kesehatan masih memiliki berbagai kekurangan, antara lain peserta tidak memiliki kebebasan memilih rumah sakit dan penanganan pasien yang cenderung lambat. Tidak hanya itu, pemegang polis juga harus melalui pemeriksaan tingkat satu fasilitas kesehatan sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS Kesehatan.

Kekurangan tersebut menyebabkan banyak orang akhirnya memilih asuransi kesehatan swasta. Saat ini, produk asuransi kesehatan swasta sangat beragam. Namun, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan swasta? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara memilih asuransi kesehatan selain BPJS dengan benar


Jika Anda ingin membeli polis asuransi kesehatan selain BPJS, tips berikut ini bisa Anda perhatikan.

1. Beli asuransi sesegera mungkin


Belilah preminya sesegera mungkin setelah Anda merasa mampu membayar preminya. Jangan tunggu tubuh sakit karena membeli asuransi biasanya ada masa tunggunya.

Membeli premi di usia tua biasanya jauh lebih mahal daripada membelinya di usia dini. Asuransi ini sebenarnya adalah investasi untuk masa depan sehingga harus dicermati sedini mungkin.

2. Pilih premi berdasarkan kemampuan


Tips kedua yang harus diperhatikan sebelum membeli premium adalah memilih yang sesuai dengan kemampuan. Asuransi kesehatan selain BPJS memiliki tarif yang sedikit lebih mahal. Anda perlu memikirkan jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Sesuaikan gaji atau penghasilan bulanan Anda untuk mendapatkan premi asuransi sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan membeli premi terlalu tinggi sehingga Anda tidak dapat membayarnya di bulan depan. Hal ini justru membuat Anda merugi karena harus membayar lebih dari kemampuan Anda.

3. Periksa detail polis asuransi


Saat melakukan survei atau bahkan membuat kontrak dengan perusahaan asuransi kesehatan selain BPJS, Anda perlu mengecek secara detail dan komprehensif tentang polis asuransi kesehatan tersebut. Perhatikan juga manfaat yang akan diperoleh, cara klaim asuransi, dan masa tunggu asuransi kesehatan yang akan Anda pilih.

4. Pilih asuransi kesehatan murni


Jika Anda memiliki budget yang pas-pasan, pilihan yang paling cocok adalah asuransi kesehatan murni dengan pembayaran premi setiap bulan yang jauh lebih terjangkau. Selain asuransi kesehatan murni, ada juga asuransi kesehatan dan investasi, yang artinya Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam satu program atau produk asuransi.

5. Pilih masa tunggu yang singkat


Terakhir, pilihlah perusahaan asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan yang menawarkan masa tunggu asuransi relatif singkat untuk memudahkan Anda. Pasalnya, masa tunggu asuransi kesehatan sangat panjang. Semakin lama masa tunggu, semakin lama polis asuransi dapat digunakan.

Itulah lima tips yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan. Dengan memperhatikan tips di atas, kami berharap Anda bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.