Pesona Wisata Kepulauan Seribu

 Pesona Kepulauan Seribu pasti sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan, terutama yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Pulau-pulau seperti Pulau Tiedong, Pulau Semak Don, dan Pulau Bari selalu dipenuhi oleh para pelancong yang ingin "melarikan diri" dari kesibukan sehari-hari tanpa harus bepergian jauh.

Tapi, pernahkah Anda mendengar tentang Pulau Macan? Popularitas pulau ini sudah terdengar sejak dua tahun lalu. Namun, tak perlu bingung jika jumlah pengunjung Pulau Makan lebih sedikit dari jumlah pengunjung "tetangga" Kepulauan Seribu itu. Pasalnya, Pulau Macan memang benar-benar resort bertema eco yang sangat mewah dimana pihak pengelola membatasi tamu yang datang ke sana.

Pulau Macan sendiri sudah memiliki dua, traveller. Ada Pulau Macan Besar yang menjadi tempat menginap, serta Pulau Macan Kecil yang tidak dibiarkan begitu saja dan dibiarkan tidak berpenghuni.

Sebuah penginapan di Pulau Macan Besar, memadukan nuansa alam dengan konsep eco dan teknologi modern. Beberapa makanan yang ditawarkan oleh pihak pengelola resort sebenarnya adalah hasil kebun organik mereka sendiri lho! Menurut kesaksian banyak tamu yang pernah menginap di sana, menu yang ditawarkan terbilang sederhana. Tapi kesegaran bahannya membuat rasa makanannya sangat enak.

Pulau Macan memiliki sejumlah fasilitas selain hostel untuk akomodasi. Beberapa adalah Club House yang merupakan bangunan utama untuk menikmati buffet sambil bersantai sambil menonton film dari DVD set yang ada atau membaca; Bamboo Bar & Sundeck bagi Anda yang ingin bercengkerama dengan tamu lain dan bersantai di bawah sinar matahari; Selain tenda penyimpanan peralatan juga toko yang menyimpan peralatan snorkling untuk digunakan tamu dan toko souvenir dan snack.

Ada beberapa tipe kamar yang ditawarkan Pulau Macan Resort kepada wisatawan. Jenis yang paling murah adalah tenda atau tenda pulau. Meski judulnya tenda, jangan bayangkan kamu harus bermalam di tenda ala camping. Tenda resor memiliki kasur, seprai bersih, bantal, dan lilin anti nyamuk. Tenda ini juga bisa menampung 3 orang traveller.

Penasaran ingin tahu tipe kamar apa saja yang paling populer di Pulau Macan? Sunset Hut adalah jawabannya. Cottage ini bisa dipilih oleh 4 orang dengan leluasa karena memiliki 1 double bed dan 2 single bed. Yang istimewa adalah pondok ini menghadap ke barat di mana Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam tanpa terganggu. Sunset Hut juga memiliki kamar mandi en suite cantik yang menambah suasana alam.

Selain bersantai di penginapan, tentunya setelah sampai di pulau ini harus merasakan nikmatnya snorkeling dan diving. Jangan khawatir traveller, seperti yang sudah kami sebutkan di atas, pengelola resort sudah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Atau, jika Anda lebih suka island hopping, pengelola resor juga dapat mengatur perjalanan perahu untuk mengunjungi pulau-pulau terdekat, termasuk Pulau Macan Kecil.

Berapa anggaran yang harus Anda siapkan untuk menikmati kenyamanan pulau Macan ini? Untuk tamu dewasa, Anda harus merogoh kocek minimal Rp 1,5 juta per orang untuk menginap dua hari satu malam. Perlu diperhatikan bahwa harga tersebut berlaku pada hari biasa dengan jenis akomodasi berupa tenda. Oleh karena itu, jika menginginkan kabin atau vila yang lebih besar, tentu harganya akan lebih mahal. Jika Anda membawa anak kecil berusia antara 3 hingga 10 tahun, rata-rata akomodasi tenda di hari biasa sekitar Rp 1,3 juta per orang per malam. Sedangkan untuk anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya.

Meski terlihat mahal, tarifnya mencakup banyak hal, lho, traveller. Dengan membayar tarif ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan penyeberangan dari Marina Ancol ke Pulau Makan dan sebaliknya. Selain itu, Anda juga mendapatkan makanan selama menginap serta snack dan minuman yang bisa Anda nikmati tanpa batas. Penggunaan fasilitas seperti peralatan snorkeling, perahu atau permainan seperti "tenis Macan" dan biliar juga disertakan! Oya, jangan lupa tiket masuk ke Taman Nasional Pulau Seribu.

Nah, bawa saja 'diri' dan pakaiannya, kan?

Tidak sulit untuk menuju ke Pulau Macan, traveler. Tunggu saja di Pantai Marina Ancol, tepatnya Pier 6, dan menempuh perjalanan sekitar 90 menit sebelum sampai di Pulau Macan. Perahu yang disediakan oleh Tiger Islands Village & Eco Resort berhenti di Marina Ancol setiap hari pukul 8 pagi untuk mengantar tamu. Sedangkan untuk kembali ke Jakarta, kapal akan berangkat dari Pulau Makan pada pukul 14.00 setiap hari Minggu, atau pukul 4 atau 4.30 jika menggunakan feri antar pulau.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.