Tim Keamanan Microsoft Menemukan Celah Keamanan Parah Di Android

Peneliti keamanan Microsoft telah menemukan kerentanan tingkat keparahan yang tinggi dalam kerangka kerja yang digunakan oleh aplikasi Android dari beberapa penyedia layanan seluler internasional yang besar.

 Para peneliti menemukan kerentanan ini (dilacak sebagai CVE-2021-42598, CVE-2021-42599, CVE-2021-42600, dan CVE-2021-42601) dalam kerangka kerja seluler yang dimiliki oleh Sistem mce yang memaparkan pengguna pada serangan injeksi perintah dan eskalasi hak istimewa .

Aplikasi rentan memiliki jutaan unduhan di Google Play Store dan sudah diinstal sebelumnya sebagai aplikasi sistem pada perangkat yang dibeli dari operator telekomunikasi yang terpengaruh, termasuk AT&T, TELUS, Rogers Communications, Bell Canada, dan Freedom Mobile.
Eksploitasi dirilis untuk bug Atlassian Confluence RCE, tambal sekarang

"Aplikasi disematkan dalam citra sistem perangkat, menunjukkan bahwa itu adalah aplikasi default yang diinstal oleh penyedia telepon," menurut peneliti keamanan Jonathan Bar Or, Sang Shin Jung, Michael Peck, Joe Mansour, dan Apurva Kumar dari Microsoft 365 Defender Tim Peneliti.

"Semua aplikasi tersedia di Google Play Store yang melalui pemeriksaan keamanan otomatis Google Play Protect, tetapi pemeriksaan ini sebelumnya tidak memindai jenis masalah ini.

"Seperti halnya dengan banyak aplikasi pra-instal atau default yang dimiliki sebagian besar perangkat Android akhir-akhir ini, beberapa aplikasi yang terpengaruh tidak dapat sepenuhnya dihapus atau dinonaktifkan tanpa mendapatkan akses root ke perangkat."
Kerentanan diperbaiki oleh semua vendor yang terlibat

Sementara vendor yang dihubungi Microsoft telah memperbarui aplikasi mereka untuk mengatasi bug sebelum kelemahan keamanan diungkapkan hari ini untuk melindungi pelanggan mereka dari serangan, aplikasi dari perusahaan telekomunikasi lain juga menggunakan kerangka kerja kereta yang sama.

"Beberapa penyedia layanan seluler lainnya ditemukan menggunakan kerangka kerja rentan dengan aplikasi masing-masing, menunjukkan bahwa mungkin ada penyedia tambahan yang masih belum ditemukan yang mungkin terpengaruh," tambah para peneliti.

Microsoft menambahkan bahwa beberapa perangkat Android mungkin juga terkena serangan yang mencoba menyalahgunakan kelemahan ini jika aplikasi Android (dengan nama paket com.mce.mceiotraceagent) diinstal "oleh beberapa bengkel ponsel."

Mereka yang menemukan aplikasi ini terinstal di perangkat mereka disarankan untuk segera menghapusnya dari ponsel mereka untuk menghapus vektor serangan.

"Kerentanan, yang memengaruhi aplikasi dengan jutaan unduhan, telah diperbaiki oleh semua pihak yang terlibat," kata para peneliti.

"Ditambah dengan hak istimewa sistem ekstensif yang dimiliki aplikasi pra-instal, kerentanan ini bisa menjadi vektor serangan bagi penyerang untuk mengakses konfigurasi sistem dan informasi sensitif." Kata peneliti tersebut sebagaimana dilansir dalam sebuah tulisan di halaman web teknologi.

Microsoft tidak membalas permintaan untuk membagikan daftar lengkap aplikasi dan penyedia seluler yang terpengaruh saat berbagai web teknologi menghubungi mereka hari ini.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.