Pemilihan jembatan timbang yang terbaik

Jembatan timbang adalah salah satu peralatan yang sering kita temui di berbagai tempat seperti pergudangan, pabrik, dan juga perkebunan. Jembatan timbang ini biasanya dipergunakan untuk menimbang kendaraan yang keluar masuk ke dalam wilayah tersebut. 

Tujuan dari penggunaan jembatan timbang ini ada dua yaitu untuk mengetahui bobot muatan yang dibawa oleh kendaraan dan juga untuk mengetahui berat total kendaraan. Biasanya perusahaan-perusahaan yang menggunakan jembatan timbang ini adalah perusahaan-perusahaan yang menghasilkan atau memproduksi barang-barang yang homogen. 

Jadi mereka menggunakan jembatan timbang ini untuk menimbang berapa berat barang yang keluar masuk dari wilayah mereka. Caranya cukup sederhana yaitu dengan membandingkan berat kosong kendaraan dan juga berat kendaraan pada saat bermuatan penuh. 

Sebagai contoh adalah penggunaan jembatan timbang ini pada perkebunan kelapa sawit. Dengan mencatat berapa berat mobil truk pada saat memasuki kawasan perkebunan dan berapa berat mobil tersebut pada saat mengangkut kelapa sawit maka kita bisa dengan mudah mengetahui berapa bobot kelapa sawit yang dibawa oleh mobil truk tersebut. 

Tentu saja untuk bisa mencegah kerugian perusahaan ataupun usaha yang menggunakan jembatan timbang ini maka jembatan timbang tersebut harus mempunyai akurasi yang sangat tinggi. Perusahaan yang menginginkan jembatan timbang dengan operasi apakah tinggi biasanya akan menggunakan loadcell yang berkualitas baik. 

Sel adalah bagian utama dari jembatan timbang yang menentukan keakuratan pengukuran bobot mobil truk yang lewat di atasnya. Namun, walaupun jembatan timbang yang digunakan ini sudah menggunakan load cell yang baik namun tetap saja akurasi dari pengukurannya bisa semakin berkurang dari waktu ke waktu. 

Oleh karena itu biasanya jembatan timbang ini perlu melakukan maintenance atau tera ulang untuk mengkalibrasi keakuratan dari pengukurannya. Jembatan timbang saat ini ini mempunyai dua jenis, ada yang berupa jembatan timbang portable dan ada juga yang pemasangannya permanen. Anda bisa memilih jembatan timbang yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. 

Biasanya jembatan timbang portable dibutuhkan untuk dibawa ke lokasi-lokasi yang sulit dicapai oleh bahan-bahan pembangunan. Sedangkan jembatan permanen biasanya dipergunakan pada wilayah-wilayah yang mati memungkinkan untuk melakukan pembangunan pos untuk penimbangan. 

Ada yang membangun jembatan timbang permanen ini dengan menggunakan beton sebagai landasan nya dan ada juga yang menggunakan rangkaian besi baja untuk menopang jembatan timbang tersebut. Tentunya desain dari jembatan timbang ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kendaraan dari masing-masing perusahaan.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.