DESTINASI WISATA LABUAN BAJO YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

Labuan Bajo berasal dari kata Labuan yang berarti berlabuh dan Bajo yang merupakan nama suku dari Sulawesi yang menetap di pesisir Barat Flores, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo sendiri merupakan pemukiman suku Bajo yang kini telah membaur dengan warga flores dan menjadi pusat dari kecamatan Komodo. 

Ya, sesuai dengan nama kecamatannya, Labuan Bajo adalah titik awal bagi anda yang ingin mengunjungi satwa langka komodo. Bahkan komodo merupakan daya tarik utama dari pariwisata Labuan Bajo. 

Namun bukan hanya komodo saja yang dapat anda lihat saat mengunjungi kawasan yang eksotis ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata Labuan Bajo yang dapat anda kunjungi dengan menggunakan paket tour Labuan Bajo.

1.    Taman Nasional Komodo. Taman ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup satwa langka komodo di habitat aslinya. Taman Nasional Komodo ini mencakup 3 pulau besar yakni pulau komodo, pulau Rinca dan Pulau Padar. 

Selain ketiga pulau besar ini, taman nasional komodo juga memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya yang merupakan bukit-bukit vulkanik dengan padang savana. Selain Komodo, anda juga dapat melihat flora dan fauna unik yang merupakan perpaduan antara Asia dan Australia. 

Ada banyak spot foto viral di taman nasional ini. Namun untuk sampai ke spot foto tersebut, anda harus melakukan trekking terlebih dahulu jadi pastikan anda menyiapkan fisik yang kuat. Pink Beach, pantai unik dengan pasir berwarna pink ini juga terletak di dalam taman Nasional komodo ini.
 

2.    Pulau Kanawa, Dalam perjalanan anda kembali menuju Labuan Bajo, anda dapat singgah di pulau yang satu ini. Pulau ini memiliki perairan dangkal yang jernih sehingga anda dapat melihat dasarnya yang indah dari atas perahu tanpa harus melakukan snorkeling. Tentu saja pemandangannya akan menjadi semakin indah jika anda turun dan menyelam menikmati langsung keindahan alam bawa lautnya. Sedikit jauh dari pinggir pantai, anda akan merasakan arus yang cukup kencang, sempurna untuk surfing.
 

3.    Kampung Todo dan kampung Melo. Kampung Todo dan Melo terletak di Manggarai Barat. Berbeda dengan destinasi wisata lainnya yang menggunakan perahu, kampung ini dapat anda kunjungi melalui jalur darat dan dibutuhkan sekitar 4 jam untuk sampai ke desa ini. 

Di kampung Todo anda akan disambut oleh kepala adat yang akan mengajak anda berkeliling. Di kampung Todo anda dapat melihat peninggalan-peninggalan kerajaan Manggarai yang dulunya memerintah di Flores. Setelah selesain mengunjungi kampung Todo, anda akan melanjutkan perjalanan ke kampung Melo. Di kampung Melo anda akan disambut dengan tarian tradisional Manggarai dan jamuan makan dengan kuliner khas Labuan Bajo.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.