Tips memasang panel tenaga surya di rumah

Energi yang berasal dari matahari merupakan salah satu energi bebas yang melimpah. Selain mengembangkan teknologi panel tenaga surya yang canggih, kini kita dapat dengan mudah memasang panel surya di atas rumah kita dengan biaya yang relatif terjangkau, sehingga kita memiliki alternatif sumber listrik yang lebih murah dan ramah lingkungan di rumah kita. 

Dulu dibutuhkan banyak panel surya untuk keperluan ini. Selain itu juga membutuhkan lahan yang luas untuk menghasilkan listrik dari energi matahari. Tapi sekarang situasinya berbeda; berkat kemajuan teknologi, setiap rumah kini bisa mendapatkan listrik dari sinar matahari. 

Setelah panel surya menjadi lebih kecil ukurannya dan kurang dari 10 meter persegi, sehingga dapat dipasang di atap rumah. 

panel solar cell
Meski membutuhkan sinar matahari, panel tenaga surya dapat menjamin kebutuhan listrik rumah Anda selama 24 jam. Ini adalah contoh sumber energi terbarukan yang akan menjadi sumber energi di masa depan.

Tapi jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya sekarang. Anda dapat dengan mudah merakitnya sendiri di rumah menggunakan panduan di bawah ini. Namun sebelum Anda memasangnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasang panel tenaga surya ini.

Posisi panel surya harus menghadap sinar matahari langsung

Panel tenaga surya biasanya dipasang di atap untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Panel surya paling efektif saat menghadapi atau menerima sinar matahari langsung karena dapat menangkap sebagian besar sinar matahari yang diarahkan ke sana.

Panel surya harus diposisikan sedemikian rupa sehingga terkena sinar matahari dengan baik di siang hari sehingga energi matahari dapat ditangkap secara optimal. Paparan sinar matahari dapat bervariasi tergantung pada musim dan posisi matahari terhadap Bumi, panel surya harus dipasang sedemikian rupa sehingga dapat menghadap ke posisi maksimum matahari di setiap musim.

Perhatikan setiap penghalang cahaya

Perlu dicatat bahwa mungkin ada penghalang antara panel surya dan sinar matahari. Penghalang kecil seperti ranting pohon dapat sangat menghambat kinerja panel surya, sehingga penghalang seperti ini harus dipotong selama pemasangan panel surya.

Lintasan matahari harus dilacak sepanjang hari sebelum kita memasang panel tenaga surya supaya tidak ada benda yang menghalangi paparan matahari terhadap panel surya pada siang hari saat matahari bersinar. 

Jika beberapa penghalang seperti dinding atau pohon yang berdekatan dengan atap tidak dapat dihilangkan, maka sebaiknya panel surya dapat dimiringkan pada sudut yang tidak terhalang.

Menggunakan dudukan untuk memasang panel surya

Jika memiringkan panel surya pada sudut yang benar tidak cukup untuk mengatasi hambatan, anda bisa menggunakan dudukan panel surya untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Dudukan ini dapat membantu memasang panel surya di atap atau bahkan sebagai unit yang berdiri sendiri. 

Dudukan panel surya bisa membantu anda mengubah arah paparan sinar matahari dari panel surya. Dudukan panel surya tersedia dalam berbagai jenis seperti dudukan tiang, dudukan atap, dudukan di tanah, dll.

Mau Beli Panel Tenaga Surya?

Jika anda mau membeli panel tenaga surya untuk rumah anda, maka saat ini ada beberapa distributor panel tenaga surya yang menawarkan panel tenaga surya 1500 watt. Panel ini bisa mencukupi kebutuhan listrik di rumah anda sepanjang hari. Jika anda tertarik untuk membeli panel tenaga surya ini, anda bisa mengunjungi toko online panel tenaga surya ini.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.