CARA MERAWAT LAPTOP AGAR TAHAN LAMA

Siapa yang tidak senang memiliki laptop baru, namun bukan berarti Anda tidak mempedulikannya seperti laptop lama. Kapanpun Anda merawat laptop Anda sejak pertama kali membelinya, laptop dapat menemani Anda dalam waktu yang lebih lama dan dalam kondisi terbaik.

Berikut cara merawat laptop baru Anda.

Selalu Bersihkan Laptop Anda

Kebersihan laptop sering dilupakan karena tidak sedikit laptop yang rusak karena masalah kotor terutama pada bagian kipas pendingin. Debu yang menempel pada laptop bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot dan cepat panas. Layar, keyboard, baterai, port USB, teman, dan ventilasi sirkulasi udara harus sering dibersihkan. Jika Anda pandai membongkar laptop Anda, membersihkan bagian dalam laptop Anda juga, atau jika Anda bingung, Anda bisa datang ke service laptop gawaikita untuk menangani pembersihan laptop Anda. Selain service laptop gawaikita juga menjual laptop, komputer, printer dan aksesoris

Gunakan laptop di permukaan yang datar

Menggunakan laptop di tempat tidur atau selimut bisa menyebabkan laptop cepat panas, lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Bisa, karena pada permukaan yang empuk biasanya sirkulasi udara pada laptop tertutup agar tidak keluar udara panas di dalam laptop sehingga laptop lebih cepat panas. Sebaiknya gunakan laptop di atas meja atau permukaan datar lainnya, jika masih ingin menggunakan laptop di atas kasur, lebih baik menambahkan cooling pad atau meja portabel.

Jangan menggunakan laptop dalam waktu lama

Daya tahan komputer umumnya lebih baik dari laptop, sehingga penggunaan laptop secara terus menerus tidak disarankan, apalagi selama 24 jam non stop.

Jangan terlalu banyak menggunakan laptop untuk bermain game berat

Beberapa laptop memang didesain untuk bisa memainkan game berat yang tentunya didukung dengan spesifikasi mumpuni, namun masih sedikit pengguna yang mencoba memainkan game berat di laptop yang sebenarnya tidak didesain untuk gaming. Banyak bermain game di laptop dapat menyebabkan komponen pada laptop lebih cepat crash, terutama untuk laptop yang tidak didesain untuk memainkan game tersebut. Contoh game berat seperti GTA V, COD, The Witcher, PES 2019 dan lainnya. Kerusakan paling umum pada baterai dan keyboard biasanya adalah kebocoran.

Jangan buru-buru menutup laptop setelah digunakan

Menggunakan laptop dalam waktu lama pasti akan menyebabkan seluruh bagian laptop menjadi panas, maka dari itu disarankan untuk mendinginkan laptop atau membiarkannya sampai panasnya hilang sebelum menutup layar laptop, dan kondisi keyboard yang panas akan menyebabkan permukaan layar menjadi rusak jika laptop dimatikan secara terburu-buru.

Jangan biarkan laptop Anda sleep atau menyala saat Anda membawanya

Kondisi penyimpanan atau hardisk pada laptop tetap berfungsi pada saat laptop dalam keadaan sleep, untuk itu tidak disarankan untuk memindahkan atau membawa laptop dalam keadaan sleep, kondisi tersebut dapat merusak hardisk dan jika rusak , dapat terkena data Anda yang ada mungkin rusak atau hilang.

Nah itulah beberapa tips cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Tapi jika laptop anda bermasalah, maka jangan dibiarkan terlalu lama. Segera bawa laptop anda ke tempat service laptop untuk mendapatkan penanganan dengan segera.

Jika and berdomisili di kota Bandung, maka anda bisa membawa laptop anda ke jasa service laptop Gawaikita di Bandung. Jasa service ini berlokasi di sekitaran plaza Bandung, sehingga bisa anda temukan dengan mudah.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.