10 Tips Sukses Digital Marketing

Ada banyak channel Digital Marketing yang bisa kita kombinasikan untuk membuat strategi digital marketing kita berhasil. Tapi pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengeksekusi semua channel digital marketing yang anda kerjakan.


1. Bersikaplah fleksibel dan terbuka untuk berubah.


Merangkul perubahan yang serba cepat di dunia digital marketing dan menyesuaikan alat, strategi, dan taktik baru yang sesuai, adalah suatu keharusan bagi bisnis untuk berhasil dan berkembang di dunia saat ini.
 

2. Tetapkan tujuan


Menetapkan tujuan Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Terikat Waktu yang konsisten dengan rencana digital marketing Anda sangatlah penting. Misalnya, tujuan konversi dapat meningkatkan nilai rata-rata pesanan dalam penjualan online.
 

3. Jalankan dengan sempurna.


Setelah Anda membuat rencana objektif untuk mencapai tujuan SMART Anda, Anda perlu menjalankan rencana tersebut sesuai jadwal. Menjalankan dengan sempurna akan memungkinkan Anda mengumpulkan data dan membuat perubahan pada rencana Anda agar sesuai dengan umpan balik pelanggan. Perubahan ini juga perlu dilakukan dengan cepat.
 

4. Latih kreativitas selama proses berlangsung.


Sejak tahap perencanaan, jadilah inovatif dan kreatif dalam menggunakan konten, serta berbagai saluran terintegrasi (omnichannel marketing) untuk menjangkau audiens dan target pelanggan Anda.

Konten dapat mencakup gambar, infografis, video, situs web modern, desain elegan, dll. Saluran terintegrasi dapat terdiri dari seluler, sosial, web, telepon, dan toko fisik.

Menggunakan saluran terintegrasi untuk digital marketing.

5. Target audiens dengan segmentasi pasar.


Memahami audiens target Anda dan menjangkau mereka di mana pun mereka berada sangat penting untuk kesuksesan digital marketing. Segmentasi pemasaran berguna dalam membantu pemasar melakukan ini dengan mempelajari perilaku/karakteristik audiens dan mengelompokkan sifat-sifat yang serupa, sehingga kebutuhan audiens dapat diprioritaskan dengan tepat. Menggunakan AI dan otomatisasi dapat membantu pemasar mencapai tingkat perincian dan akurasi yang lebih tinggi dengan cara yang efisien.
 

6. Diversifikasi saluran, taktik, dan strategi Anda.


Dengan memahami bahwa tidak ada satu pun strategi digital marketing yang sempurna, Anda menjadi terbuka terhadap gagasan bahwa bereksperimen dengan saluran, taktik, dan strategi yang berbeda adalah bagian penting untuk mencapai kesuksesan.

Salah satu manfaat dari mentalitas ini adalah Anda akan menemukan audiens dan pelanggan berbeda yang tidak Anda ketahui keberadaannya. Audiens dan pelanggan baru ini dapat membantu Anda menemukan aliran pendapatan baru.
 

7. Integrasikan penjualan dan pemasaran Anda.


Mengintegrasikan penjualan dan pemasaran memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan setiap aspek pemasaran digital karena tim ini akan bekerja dengan tujuan yang terfokus dan bukannya bekerja melawan satu sama lain (secara sadar atau tidak sadar).

Area maksimalisasi mencakup penggunaan data, alat, penyerahan pelanggan tanpa batas ke tim yang berbeda, dll

8. Mengumpulkan, mengukur, melacak, dan menganalisis data.


Saat ini, data sangat penting tidak hanya untuk memberikan pelanggan Anda tingkat layanan yang mereka harapkan, tetapi juga untuk mengikuti persaingan. Dengan demikian, mengumpulkan, mengukur, melacak, dan menganalisis data secara real time untuk mendapatkan wawasan hanyalah suatu keharusan bagi bisnis untuk berhasil dalam upaya pemasaran digital mereka.
 

9. Selalu tetap terhubung dengan audiens Anda.


Pelanggan saat ini ingin berkomunikasi dan mengetahui apa yang terjadi dengan vendor pilihan mereka setiap saat. Oleh karena itu, bisnis harus menciptakan lingkungan yang selalu terhubung untuk memelihara keinginan ini dengan tidak hanya menyediakan konten terkini, tetapi juga dengan menyediakan alat (misalnya, chatbots) yang memudahkan untuk menerima dan mengirim konten.
 

10. Kumpulkan umpan balik dan tanggapi dengan tepat.


Gunakan survei, jajak pendapat, dan formulir komentar untuk mengumpulkan umpan balik dari audiens dan pelanggan. Anda dapat menggunakan salah satu template email umpan balik gratis kami yang praktis.

Setelah Anda mendapatkan masukan pelanggan, gunakan untuk menginformasikan strategi mana yang berhasil dan mana yang tidak, lalu sesuaikan. Peningkatan terus-menerus akan membawa Anda menuju kesuksesan pemasaran digital.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.