Hasil Tes MotoGP Qatar 2021

 Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 dimulai dengan sangat serius di padang pasir Qatar untuk tes pembukaan musim yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Maret. 

Tiga hari itu dipenuhi dengan pembalap utama MotoGP reguler dan pembalap penguji dari setiap pabrikan di trek. Pada tes pembukaan ini Fabio Quartararo dari Pabrik Energi Monster Yamaha yang akan memimpin waktu secara keseluruhan, mencatat waktu 1 : 53,940 setelah 59 putaran pada hari kedua.

Hari pertama menempatkan Quartararo yang merupakan juara 3 kali pada MotoGP 2020 berada pada posisi ke-15. Hal ini tentunya merupakan berita MotoGP yang mengejutkan. Quartararo mengaku merasa "benar-benar tersesat" ketika menyesuaikan kembali mesin MotoGP-nya setelah menghabiskan musim dingin dengan mengendarai motor jalanan Yamaha YZF-R1 dalam pelatihan, menyelesaikan urutan ke-15 pada hari pertama namun untungnya meningkat secara dramatis pada Hari Kedua. 

Karena larangan pengembangan mesin pada tahun 2021 karena Covid-19, Quartararo datang kembali dengan mesin yang sangat mirip dengan yang dia gunakan saat balapan di bawah naungan tim Petronas tahun lalu.

“Saya sudah banyak melakukan latihan di luar musim, motorcross dan juga trek datar, tapi mengendarai motor MotoGP adalah cerita yang berbeda,” kata Quartararo. “Saya menantikan beberapa hari libur saat ini agar lecet di tangan saya bisa sembuh. Tetap saja, saya sangat senang kami bisa berkendara lagi dalam dua hari, karena saya sangat menikmatinya! 

Kami meningkatkan kecepatan, itu adalah sesuatu yang sangat positif yang kami ambil mulai hari ini. Rasanya luar biasa, dan saya membuat waktu putaran yang bagus. Kami akan menggunakan dua hari libur mendatang ini untuk melihat data dan memutuskan langkah selanjutnya.”

Di lain pihak, debutan tim pabrik 2021 Jack Miller yang berasal dari Tim Ducati secara konsisten berada di posisi kedua, setelah menghabiskan sebagian besar hari keduanya mengevaluasi perubahan aero baru pada GP21-nya. "Hari ini saya menggunakan fairing baru: sensasinya sangat positif, dan motornya tampak lebih stabil," kata Miller. 

“Meskipun ada batasan peraturan, tim telah melakukan pekerjaan yang fantastis selama musim dingin! Untuk saat ini, seperti yang sering terjadi di Qatar, kami semua sangat dekat, dan kami akan semakin dekat pada akhir dari dua tes ini."

Setelah dua hari tes pembukaan, posisi ketiga diperoleh oleh Aleix Espargaro dari pabrik Gresini Aprilia. Pembalap Spanyol itu memuncaki Hari Pertama pada penampilan publik pertama timnya sejak kematian pemilik tim, Fausto Gresini karena Covid-19, dia melanjutkan langkahnya pada Hari Kedua untuk menyelesaikan putaran hanya dengan selisih 0,212 detik dari Quartararo dan menempatkannya pada urutan ketiga.

Secara lebih rinci, berita MotoGP secara keseluruhan mencatat urutan Hasil Tes MotoGP Qatar 2021 — Gabungan sebagai berikut:
1.    Fabio Quartararo
2.    Jack Miller
3.    Aleix Espargaro
4.    Franco Morbidelli
5.    Stefan Bradl

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.