Kenapa banyak yang tertarik dengan bahasa pemrograman?

 Pemrograman adalah sesuatu yang kompleks yang biasa kita lakukan untuk membuat sebuah program di komputer ataupun smartphone. Aktivitas ini biasa juga disebut sebagai coding dan tujuan dari kode ini adalah menghasilkan fungsi-fungsi yang kita inginkan. 

Setiap bahasa pemrograman biasanya digunakan untuk tujuan yang berbeda. Jadi jika anda tertarik untuk menjadi seorang programmer anda harus mengetahui bahasa pemrograman mana yang perlu untuk anda pelajari. Saat ini ada beberapa pilihan bahasa pemrograman yang bisa anda pilih seperti visual basic, c + +, html, javascript, css, dan lain sebagainya. 

Untuk mempelajari anda harus disiplin dan fokus. Kesalahan dari seorang pemula adalah sering belajar kasus per kasus. Jadi pada saat dia menghadapi kasus yang baru dia tidak mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikan kasus tersebut. 

Cara belajar programming yang benar adalah dengan mempelajari pengetahuan dasarnya terlebih dahulu. Jika anda memahami pengetahuan dasar dari bahasa program yang anda pilih maka anda bisa menyelesaikan semua masalah yang muncul dari proyek apa pun yang anda kerjakan. 

Ada banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa pemrograman karena mereka melihat ada beberapa developer program yang menjadi sangat kaya dari programnya. 

Salah satu diantara programer yang menjadi sangat kaya tentu saja adalah blg. Kalau kita juga mengenal mark zuckerberg website facebook instagram. Atau dengan beberapa developer pengembang video game di android yang mendapatkan omset yang sangat besar. 

Jika anda hanya melihat sisi gemerlap dari program maka mungkin anda akan sangat tertarik untuk ikut menjadi seorang programmer. Tetapi adalah hal yang berbeda dari pandangan kebanyakan orang; programer adalah sebuah pekerjaan yang sangat sulit dan membutuhkan fokus yang tinggi. 

Anda mungkin merasa asik saat memainkan sebuah permainan video game tetapi untuk membuat sebuah video game bukanlah proses yang asik. Anda hanya akan melihat sederetan kode-kode angka dan huruf yang akan sangat memusingkan kepala orang awam. 

Jadi sebelum anda memulai usaha anda menjadi seorang programmer anda harus mempunyai karakter yang disiplin dan fokus. Terkadang proyek anda tidak berjalan dengan lancar hanya karena ada kesalahan kecil di dalam baris-baris kode yang anda tuliskan. 

Jika anda merasa sanggup untuk mengelola kode-kode yang sangat panjang maka anda boleh mencoba untuk menjadi programer. Anda bisa mendaftarkan diri anda ke sebuah tempat kursus bahasa pemrograman yang bisa membantu anda untuk mempelajari bahasa yang anda pilih. 

Jika anda benar-benar serius ingin menjadi seorang programer maka sebaiknya anda tidak belajar secara otodidak. Mereka yang belajar secara otodidak seringkali terkendala dalam pemecahan masalah sehingga mereka menyerah di tengah jalan. 

Jika anda belajar programming dari orang yang sudah profesional maka mereka bisa membantu anda menyelesaikan masalah-masalah yang anda hadapi dengan cepat sehingga proses pembelajaran anda lebih lancar. Jadi kurang lebih inilah yang perlu anda ketahui jika anda ingin mempersiapkan diri menjadi seorang programmer. Mudah-mudahan anda sukses mempelajari dan menerapkan bahasa pemrograman yang anda pilih.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.