Pentingnya Sertifikat SMK3 Untuk Kontraktor Proyek Pemerintah

Saat ini ada banyak sekali orang-orang yang mencari sertifikat SMK3 untuk mereka pergunakan sebagai rekomendasi untuk mendapatkan tender maupun proyek untuk perusahaan mereka. Jelas saat ini masih banyak perusahaan yang belum mengantongi sertifikat SMK3 ini sehingga mereka belum bisa melakukan pekerjaan pekerjaan yang mempunyai resiko yang tinggi.

Hal ini terkait dengan perlindungan para tenaga kerja yang bekerja di dalam perusahaan tersebut. Pemerintah sebisa mungkin menghindari perusahaan-perusahaan yang tidak mempunyai sertifikat SMK3 ini untuk mencegah jatuhnya korban jiwa pada saat melakukan kegiatan-kegiatan yang beresiko tinggi.

Tentunya pemerintah berusaha menghindari image ada banyak orang yang mati pada saat menjalankan proyek-proyek pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi perusahaan yang berusaha mendapatkan proyek pemerintah harus mengantongi sertifikat SMK3 ini. Adapun perusahaan-perusahaan yang wajib mengantongi sertifikat SMK3 ini adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan pertambangan.

Perusahaan-perusahaan yang juga mengelola minyak dan gas ataupun zat-zat limbah yang beracun jelaskan harus mempunyai pengetahuan akan SMK3 ini. Dan masih ada banyak lagi perusahaan-perusahaan lainnya yang mempunyai resiko yang sangat tinggi. Perusahaan-perusahaan seperti ini harus segera mengurus sertifikat SMK3 mereka ke lembaga audit SMK3 jika mereka berharap bisa mendapatkan proyek besar dari pemerintah.

Jika mereka menjalankan usaha di luar proyek pemerintah tanpa mengantongi sertifikat SMK3 ini pun mereka atau tetap akan mendapatkan sanksi. Jadi ini adalah sesuatu yang sangat wajib bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai resiko kerja yang tinggi. Pada saat anda mendaftarkan perusahaan anda untuk mengikuti proses sertifikasi SMK3 maka pastikan perusahaan anda sudah siap untuk menjalankan proses sertifikasi ini.

Anda harus sudah membekali setiap pekerja di perusahaan anda dengan pengetahuan akan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Karena jikalau anda tidak memenuhi persyaratan ini maka anda tidak akan lulus.

Walaupun anda tidak lulus uang yang sudah anda keluarkan untuk proses sertifikasi tidak akan dikembalikan karena memang proses penilaian sertifikasi ini sendiri akan memakan cukup banyak biaya. Jadi untuk mencegah anda kehilangan uang tanpa mendapatkan apa-apa maka pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum anda mengundang lembaga audit untuk berkunjung melakukan penilaian di perusahaan anda.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.